Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Breaking News
Home / Ilmu Herbal / Kenalan yuk sama Tanaman Kumis Kucing Orthosiphon Stamineux
Belanja Herbal Terpercaya sejak 2012 - Cuma Di Sini

Kenalan yuk sama Tanaman Kumis Kucing Orthosiphon Stamineux

Kumis kucing (Orthosiphon Stamineux)

Melihat bunga dari tanaman ini membuat kita teringat akan kumis hewan bernama kucing. Itulah sebabnya ternak ini dikenal dengan nama kumis kucing.

kumis kucing

Anggota famili lamiaceae labiatae ini tumbuh tegak hingga 2 meter dengan bagian bawah berakar di bagian bukunya batang agak beralur dengan bulu pendek atau gundul bersegi empat. Daunnya bisa bundar lonjong lancet bulat telur atau belah ketupat dengan panjang daun 1-10 cm dan lebar 7,5 m-1,5 cm, sedangkan panjang tangkai 7-29 cm.

Permukaan daun atas dan bawah mengandung banyak kelenjar sehingga tampak berbintik-bintik. Urat daun di sepanjang tepi gundul atau berbulu tipis. Kumis kucing mempunyai ciri khas berupa kelopak bunga yang ber kelenjar urat dengan pangkal berbulu pendek dan jarang, sedangkan bagian teratas gundul.

Bunga merupakan bunga bibir dengan mahkota terminal yaitu berupa tandan yang keluar dari ujung cabang sepanjang 7-29 cm, panjangnya 13-27 mm di bagian atasnya ditutupi oleh bulu pendek berwarna ungu dan kemudian menjadi putih, panjang tabung 10-18 mm, panjang bibir 4,5-10 mm, helai bunga tumpul bundar.

Benang sari ukurannya lebih panjang dari tabung bunga dan melebihi bibir bunga bagian atas. Bunga geluk nya berwarna coklat gelap panjang 1,75-2 mm, gagang berbulu pendek dan jarang dengan panjang 1 – 6 mm.

manfaat dan khasiat Tanaman-Herbal-Kumis-Kucing

Jika anda mencari tanaman ini cobalah mencari di lahan pertanian yang subur gembur berhumus serta sirkulasi udara dan air nya baik. Tanaman ini dapat dijumpai pada daerah dengan ketinggian 500 -1200 m dpl.

Daun kumis kucing kaya kalium, selain itu juga mengandung glikosida orthosiphonin yang baik untuk menurunkan kadar asam urat, fosfat dan oksalat dari dalam tubuh. Kandungan lain di dalamnya adalah saponin garam kalium (0,6 -3,5%), myoinositol, orthosiphon, orthosiphonon B, glikosida flavonol (kaemferol-3-O-beta-glukosida), asam organik (asam kafeoil tartarat, asam dikafeoil tartarat, asam litospermat I dan turunannya, asam litospermat II, serta asam litospermat III), minyak lemak, zat Samak dan minyak atsiri. Kumis kucing rasanya yang cenderung manis dengan sedikit rasa pahit bersifat sejuk dan diuretik.

Khasiat Tanaman Kumis Kucing dan Cara Konsumsinya :

Batu Ginjal

cara 1 :

Sediakan daun kumis kucing, daun ngokilo, daun keji beling dan daun meniran beserta akarnya. Masing-masing sebanyak 25 gram, rebus semua bahan dengan 4 gelas air hingga mendidih. Minumlah ramuan tersebut sampai habis dalam sehari.

cara 2 :

Daun kumis kucing 3 genggam dan daun keji beling 5 lembar dicuci bersih, lalu direbus dengan 2 gelas air hingga mendidih. Minumlah ramuan ini 2 kali sehari pagi dan sore selama 10 hari. Pada hari ke 11 gantilah ramuan dengan meminum rebusan jagung muda 1 kali sehari

Nyeri Saat Buang Air Kecil

Sejumput daun kumis kucing dikeringkan lalu diseduh seperti membuat teh. Boleh tambah gula aren jika suka.

Mengobati Sakit Pinggang

Rebuslah tujuh helai daun kumis kucing dan 2 potong akarnya dalam segelas air. Biarkan semalam,lalu minumlah esok paginya. Lakukan secara teratur.

Mengobati Masuk Angin

Rebuslah satu sendok daun kumis kucing dalam segelas air, hingga tersisa setengahnya. Minumlah sekaligus.

Infeksi Kandung Kemih

Rebuslah satu sendok daun kumis kucing dalam segelas air hingga tersisa setengahnya minumlah sekaligus.

Kencing Batu

cara 1 :

Rebus 4 sampai 7 helai daun kumis kucing dan 7 tanaman meniran dengan 2 gelas air, hingga tersisa setengahnya. Minumlah tiga kali sehari.

cara 2 : 

Rebuslah 30 gram daun kumis kucing segar 15 gram, akar Mondo kaki dan 30 gram daun keji beling segar dengan 600 cc air, hingga tersisa setengahnya. Minumlah air nya setelah dingin.

cara 3 :

Rebuslah 30 gram daun kumis kucing, 15 gram daging buah trengguli,30 gram daun keji beling dan 30 gram daun sendok atau daun urat dalam 800 cc air, hingga tersisa setengahnya. Saring, lalu bagi untuk dua kali minum. Dalam sehari tiap minum sebanyak 200 cc.

Encok dan Asam Urat

Rebuslah 4 – 5 helai daun kumis kucing dan 4 – 5 tanaman meniran dengan air, hingga airnya tersisa setengahnya. Minumlah tiga kali sehari

Keputihan

Rebuslah 1 genggam daun kumis kucing bersama dengan 1 genggam daun beluntas, 1 sdt jintan hitam dan kemukus 10 biji. Minumlah dua kali sehari.

Rematik atau Gout

cara 1

Sediakan 100 gram daun kumis kucing dan 50 gram akar alang-alang, dipotong seperlunya. Rebus dalam 3 gelas air bersih, hingga airnya tersisa 1 gelas. Dinginkan, saring airnya, lalu minum sekaligus.

Cara 2

Rebuslah  1 sdt daun kumis kucing dan 1 sdm daun meniran yang telah dilumatkan dengan segelas air, hingga tersisa 3/4 nya, saring lalu minum.

Batu Empedu

Sediakan segenggam daun kumis kucing, 1 ibu jari kunyit, 7 helai daun ungu, 2 siung bawang putih yang telah digiling dan kayu manis sepotong. Rebus dengan 1,5 liter air, hingga tinggal 1/2 nya. Minum air tersebut dua kali sehari.

Arteriosklerosis

Daun dan bunga kumis kucing dikeringkan, kemudian diseduh dengan air hangat layaknya membuat teh.

Menopause

Rebuslah 2 gram daun kumis kucing, 40 gram kacang hijau, 30 gram kacang kapri, 20 gram Pulosari dan 20 gram lada hitam dalam 4 gelas air, hingga tersisa 1/2 nya, saring lalu gunakan untuk diminum pagi dan sore hari setelah makan. Masing-masing 1 gelas boleh ditambah 2 sdm madu bila suka.

Kencing Nanah / Gonore

Rebuslah 30 gram daun kumis kucing, 20 gram bunga krisan putih, 30 gram sambiloto, 20 gram daun jinten, 20 gram daun keji beling, 10 gram meniran dan 30 gram akar alang-alang dalam 1 liter air hingga tersisa 600 cc. Setelah dingin bagilah untuk 3 kali minum dalam sehari. Tiap minum 200cc, tetaplah berkonsultasi dengan dokter.

Sakit Ginjal

Rebuslah 30 gram daun kumis kucing segar, 30 gram daun sendok segar (plantago Major L) dan 10 – 15 gram akar mondokaki dalam 600 cc air, hingga tersisa 1/2 nya. Setelah dingin, Minumlah air nya.

Tekanan Darah Tinggi

Rebuslah 20 gram daun kumis kucing, 30 gram daging buah trengguli, 50 gram Akar alang-alang, 15 gram daun meniran, 15 gram daun pegagan dan 15 gram daun keji beling dalam 1 liter air, hingga tersisa 600 cc. Dinginkanlah , lalu saring dan bagi untuk 3 kali minum dalam sehari, tiap minum 200 cc.

Radang Saluran Kencing

Rebuslah 30 gram daun kumis kucing segar, 20 gram bunga kenanga, 30 gram daun sendok segar (Plantago Major L) dan 30 gram sambiloto segar dalam 1 liter air, hingga tersisa 1/2 nya. Bagilah untuk dua kali minum, tiap minum 250 cc dan lakukan secara teratur.

Diatas adalah sebagian manfaat dan khasiat dari tanaman kumis kucing yang telah menjadi herbal tradisional sejak zaman dahulu di Indonesia. Semoga ilmu mengenai tanaman ini bisa menjadi manfaat terhadap wawasan herbal jenis tanaman yang merupakan kekayaan ilmu pengobatan tradisional khas nusantara di negeri Indonesia ini.

 

Belanja Herbal Terpercaya sejak 2012 - Cuma Di Sini

About Info Herbal

Check Also

manfaat khasiat daun mengkudu

Manfaatkan Yuk Khasiat Alami Daun Mengkudu

Daun engkudu (Morinda Citrifolia L Leaf) Mengkudu tumbuh setinggi 4 sampai 6 meter. Pohon ini …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Info Belanja Herbal - Chat Di sini!