Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Breaking News
Home / Berita / Sekelumit Indonesia : Sejarah Herbal Asli Nusantara
Belanja Herbal Terpercaya sejak 2012 - Cuma Di Sini

Sekelumit Indonesia : Sejarah Herbal Asli Nusantara

HERBAL DAN PERKEMBANGANNYA DI DUNIA 

Perkembangan pengobatan dengan memanfaatkan tumbuhan berkhasiat obat telah dicapai seiring dengan perkembangan kedokteran barat yang telah diakui dunia internasional. Penggunaan herbal atau tanaman obat sebagai obat dikatakan sama tuanya dengan umur manusia itu sendiri. Sejak jaman dahulu makanan dan obat-obatan tidak dapat dipisahkan dan banyak tumbuh-tumbuhan dimakan karena khasiatnya yang menyehatkan.

MESIR KUNO

Pada jaman mesir kuno,  dimana para budak diberi ransum bawang setiap hari untuk membantu menghilangkan banyak penyakit demam dan infeksi yang umum terjadi pada masa itu.  Sejak itu Catatan pertama tentang penulisan tanaman obat dan berbagai khasiatnya telah dikumpulkan oleh orang-orang mesir kuni. Dimana saat itu para pendeta Mesir kuno telah melakukan dan  mempraktekkan pengobatan herbal. Dari abad 1500 SM telah dicatat membuat berbagai tanaman obat, termasuk jintan dan kayu manis.

YUNANI DAN ROMAWI KUNO

Orang-orang Yunani dan Romawi kuno juga telah melakukan pengobatan herbal. Disaat mereka mengadakan perjaalanan ke berbagai daratan yang baru para dokter mereka menemukan berbagai tanaman obat baru seperti rosemary dan lavender. Hal itupun langsung diperkenalkan pada berbagai daerah baru. Berbagai kebudayaan yang lain yang memiliki sejarah penggunaan pengobatan dengan menggunakan tanaman obat atau herbal adalah orang Cina dan India.

INGGRIS, WALES DAN SKONLANDIA 

Di Inggris, penggunaan tanaman obat di kembangkan bersamaan dengan didirikannya biara-biara di seluruh negeri, dan memiliki tamanan obat masing-masing yang digunakan untuk merawat para pendeta maupun para penduduk setempat. Pada beberapa daerah, khususnya Wales dan Skotlandia, orang-orang Druid dan para penyembuh Celtik memiliki tradisi lain tentang herbalisme, dimana obat-obat dicampur adukkan dengan agama dan ritual.

Semakin berkembangnya pengetahuan herbal dan seiring dengan terciptanya mesin cetak pada abad ke 15 telah ada pendistribusian yang pertama tentang penulisan ” tanaman-tanaman Obat”.

Sekitar tahun 1630, John Parkinson dari London menulis tanaman obat dari berbagai tanaman yang sangat berguna. Nicholas Culpepper ( 1616-1654 ) dengan karyanya yang paling terkenal yaitu ” The Complete Herbal and English Physician, Enlarged, diterbitkan pada tahun 1649.

Pada tahun 1812, Henry Potter telah memulai bisnisnya menyediakan berbagai tanaman obat dan berdagang lintah. Disaat itulah banyak sekali pengetahuan tradisional dan cerita rakyat tentang tanaman obat dapat ditemukan mulai dari Inggris, Eropa, Timur Tengah, Asia, dan Amerika. Sehingga Potter terdorong untuk menulis kembali bukunya ” Potter’s Encyclopaedia of Botanical Drug and Preparatians “, yang sampai saat inipun masih diterbitkan.

Tahun 1864 National Association of Medical Herbalists didirikan, untuk mengorganisir pelatihan para praktisi pengobatan herbal serta mempertahankan standart-standar praktek pengobatan. Hingga awal abad ini banyak institute telah berdiri untuk mempelajari pengobatan herbal.

Berkembangnya penampilan obat-obatan herbal yang lebih alami telah menyebabkan tumbuhnya dukungan dan popularitasnya. Obat-obatan herbal dapat dipandang sebagai pendahuluan farmakologi modern, tetapi sekarang obat-obatan herbal ini terus sebagai metode yang efektif dan lebih alami untuk menyembuhkan dan mencegah penyakit.

Secara global, obat-obatan herbal lebih umum dipraktekkan daripada obat-obatan konvensional. Di berbagai daerah pedesaan pengobatan herbal terus tumbuh subur dalam berbagai cerita rakyat, tradisi, dan praktek local. Kemajuan yang sangat pesat sampai saat ini dimana banyak sekali para herbalis mengandalkan pengetahuan mereka tentang obat-obatan yang berasal dari tumbuh-tumbuhan untuk merawat dan mengobati penyakit.

 

Sejarah Kekayaan herbal nusantara asli indonesia

 

Sejarah Ramuan Obat Herbal Tradisional Indonesia (Jamu)

Sejak ribuan tahun lalu pengobatan tradisional asli Indonesia telah ada dan dengan masuknya pengaruh  Hindu , Budha , dari India , China , Kristen dari negara barat Spanyol, Portugis dan Islam yang masuk melalui pedagang dari Gujarat dan Turki semakin memperkaya budaya pengobatan tradisional Indonesia.

Bukti sejarah dapat ditemukan melalui peninggalan berupa prasasti ,  relief candi ,alat-alat pembuat jamu , naskah kesusasteraan (karya tulis) , dan lain sebagainya.

  1. Bukti sejarah ini ditunjukkan dengan penemuan  prasasti  tujuh Yupa pada abad 5 M di Kalimantan Timur, yang bertuliskan huruf Palawa menggunakan bahasa Sanskerta  Diduga masyarakat Indonesia sudah mengenal ilmu meracik dan minum minuman jamu.
  2. Bukti lain sejarah tertua dalam pemanfaatan ramuan tumbuhan obat dapat disaksikan ukir-ukiran relief pada Candi Borobudur yang dibangun pada tahun 772 M , Prambanan,Penataran,Sukuh dan Tegalwangi. Diperlihatkan pada relief candi Borobudur berbagai jenis tanaman obat endemik yang sudah dipakai masyarakat sekitar candi pada saat itu, peracikan  , minum jamu , perawatan kesehatan tubuh luar dan dalam .

Seiring dengan perkembangan jaman, maka bentuk pembuatan jamu sudah dikemas secara modern. Era ini dimulai pada awal abad 20 dengan munculnya pabrik Jamu di bumi Nusantara seperti ”Jamu Iboe” tahun 1910 di Surabaya , ”Jamoe cap Djago” tahun 1918 di Semarang dan seterusnya hingga sekarang tercatat di BPOM ada 1024 lebih perusahaan dengan berbagai skala yang memproduksi lebih dari 10.000 macam produk.

Produksinya mulai dari godogan , serbuk , pil sampai kapsul yang digunakan untuk perawatan tubuh,pemeliharaan kesehatan, meningkatkan kebugaran,maupun pengobatan penyakit . Mulai dari  produk yang dipasarkan  di sekitar lingkungan rumah sampai  di eksport ke manca negara. Saat ini, diperkirakan ada 80% penduduk Indonesia pernah menggunakan produk olahan dari herbal berupa jamu .

Berdasarkan bukti-bukti sejarah di atas maka Pemerintah dalam hal ini Departemen Kesehatan Republik Indonesia melalui UU Nomor 23 tahun 1992 yang disempurnakan dengan UU Nomor 36 Tahun 2008 tentang Kesehatan memberikan penjelasan bagaimana menyehatkan masyarakat berdasarkan pengobatan secara tradisional memanfaatkan tanaman obat , mineral , sarian galenik , dan biota asli Indonesia  dan melalui Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM)  sebagai badan yang mengawasi dan mengatur semua produk obat dari bahan alam  yang di konsumsi masyarakat, telah menyusun berbagai aturan untuk diterapkan oleh para pengusaha industri jamu.

Diharapkan para calon pengobat dan pembaca memahami dan mengimplementasikan  dalam keseharian dalam mengobati dan membuat ramuan yang berbahan dasar sediaan alami Indonesia. Keilmuan pengobatan tradisional ramuan Indonesia memanfaatkan keanekaragaman hayati dan sumber daya alam bumi Nusantara ini, Sehingga obat tradisional Indonesia menjadi tuan rumah dinegerinya sendiri dan sejajar serta menjadi tamu diberbagai negara-negara didunia.

Belanja Herbal Terpercaya sejak 2012 - Cuma Di Sini

About Info Herbal

Check Also

Mengenal Obat dan Makanan Tunggal Ala Rasulullah SAW : ARRUZ (Nasi)

OBAT DAN MAKANAN TUNGGAL YANG DISEBUTKAN OLEH NABI MUHAMMAD SAW  : ITSMID ARRUZ (Nasi) Siapa …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Info Belanja Herbal - Chat Di sini!